Pages

Sabtu, 12 Januari 2013

Pengertian Perangkat Keras Komputer Dan Hardware


<p>Your browser does not support iframes.</p>
Pengertian perangkat keras komputer (hardware) dan macam-macam komponen pada PC. Pada edisi kali ini, admin ingin memberikan sedikit pengenalan serta penjelasan mengenai macam-macam perangkat keras atau komponen-komponen hardware utama yang terdapat pada komputer PC beserta fungsi-fungsinya. 
Perangkat keras adalah merupakan komponen-komponen atau semua bagian-bagian berbentuk fisik yang ada pada komputer. Komponen-komponen perangkat keras tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa tipe (module) sesuai dengan sistem pengoperasiannya. Perangkat keras atau hardware tersebut terbagi atas beberapa macam bagian, yaitu:
1. Input device (komponen yang melakukan pemasukkan data).
Input device atau perangkat yang digunakan untuk memasukkan data (input) kedalam komputer. Contoh input device misalnya adalah keyboard, mouse, joystick dan lain sebagainya.
2. Process device (komponen yang melakukan pemrosesan)
Process device dapat diartikan sebagai unit-unit komponen pemrosesan yang digunakan untuk memproses data-data. Contoh dari process device adalah prosesor, mainboard dan lain sebagainya.
3. Output device (komponen yang menghasilkan keluaran)
Output device merupakan komponen yang berfungsi untuk mengeluarkan seluruh hasil pemrosesan yang berupa fisik ataupun non fisik yang berasal dari CPU sehingga bisa menghasilkan informasi kepada penggunanya. Contoh dari output device diantaranya adalah monitor, printer, speaker dan lain-lain.
4. Storage device (komponen penyimpanan)
Storage atau media penyimpanan merupakan komponen-komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data-data. Contoh dari storage device misalnya adalah harddisk, flashdisk dan lainnya.
5. Peripheral device (komponen pelengkap)
Peripheral device merupakan perangkat-perangkat tambahan pada komputer. Tanpa komponen peripheral device sebenarnya sebuah komputer sudah bisa difungsikan, akan tetapi dengan adanya perangkat tambahan, maka sebuah komputer akan semakin optimal. Contoh dari peripheral device antara lain adalah speaker (sound system), joystick, microphone dan lain sebagainya.
Beberapa macam perangkat keras (hardware) utama komputer:

1. Mainboard.
Mainboard yang disebut juga motherboard atau mobo merupakan sebuah papan utama tempat dimana semua komponen sirkuit saling terhubung. Mainboard memiliki jalur-jalur serta konektor bagi setiap komponen perangkat dalam komputer.
2. Prosesor. 
Prosesor merupakan sebuah perangkat keras dimana seluruh proses perintah dieksekusi. Prosesor juga lazim disebut dengan nama CPU. Fungsi dari prosesor bagi sebuah PC layaknya sebagai otak pada manusia. Optimal atau tidaknya kinerja sebuah komputer tergantung dari perangkat ini.
3. Video Graphics Array atau VGA.
Video Graphics Array atau VGA adalah salah satu perangkat keras (hardware device) yang mengatur tingkat resolusi dan tingkat ketajaman grafis pada sebuah komputer. Semakin tinggi spesifikasi dari sebuah VGA, maka akan semakin tajam grafis yang ditampilkan.
4. Harddisk atau HDD.
Harddisk atau HDD (Hard Disk Drive) merupakan salah satu perangkat keras tempat menyimpan data-data. Seluruh data pada saat pengoperasian komputer anda diletakkan dan tersimpan didalam perangkat keras ini. Harddisk seiring perkembangannya semakin memiliki kapasitas yang semakin besar, dari mulai harddisk konvensional yang berkapasitas rendah, hingga yang telah mencapai 1 TB (Tera Byte) atau 1000 GB (Giga Byte).
5. Memory atau Memori RAM.
Memory atau memori komputer berfungsi sebagai salah satu komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara pada komputer (pada saat komputer masih menyala). Data-data yang bersifat sementara tersebut kemudian akan dimasukkan kedalam harddisk. Harga dan spesifikasi dari memori terus berkembang dan berevolusi. Seperti memori DDR1, DDR2 hingga saat ini menjadi DDR3. Harganya pun bervariasi dan fluktuatif karena harga dari perangkat keras komputer biasanya dipengaruhi oleh naik turunnya nilai tukar/kurs dollar. Untuk saat ini harga sebuah Memori DDR3 4GB berkisar antara 200 hingga 300 ribu rupiah tergantung dari merk.
Nah, itulah sedikit tips pengertian hardware atau perangkat keras komputer dan beberapa contoh jenis komponen yang terdapat didalamnya. Admin akan memberikan penjelasan lebih lanjut terkait dengan cara perakitan pada komputer pada kesempatan berikutnya. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat bagi para pemb

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar